News Categories: Berita Terbaru

Yasti- Yanny Berhasil Genjot Kenaikan Anggaran 08 Sep
By: Administrator 0

Yasti- Yanny Berhasil Genjot Kenaikan Anggaran

BOLMONG– Tata kelola keuangan benar-benar target awal dibenahi oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. Masuknya Tahlis Gallang sebagai Sekda Baru yang “diimport” dari Kotamobagu menjadi kunci pembuka untuk merealisasikan keinginan kedua pemimpin ini.

Hasilnya langsung terlihat dari postur draft APBD Perubahan 2017 yang diusulkan ke DPRD Bolmong. Komponen belanja daerah yang awalnya hanya sebesar Rp991.930.597.644 naik 8,23% menjadi Rp1.073.600.036.747.

Kenaikan belanja daerah tersebut terbagi atas belanja tidak langsung dan belanja langsung. Belanja tidak langsung awalnya Rp589.906.803.791  naik 2,68% menjadi Rp605.729.245.758. Sedangkan belanja langsung awalnya sebesar Rp402.023.793.852 mengalami kenaikan 16,38% menjadi Rp467.870.790.988.
Kenaikan belanja daerah tersebut sangat dipengaruhi kebijakan Yasti- Yanny yang menaikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kisaran angka 75%. PAD yang sebelumnya ditargetkan hanya Rp39.769.289.976 dinaikkan drastis hingga mencapaii Rp69.691.040.530.

Kenaikan dana perimbangan  yang sebelumnya Rp715.221.259.000 menjadi Rp754.431.435.000 juga berpengaruh. Ditambah pula pendapatan lain-lain daerah yang sebelumnya Rp214.940.048.668 menjadi Rp221.701.405.880 menjadi faktor naiknya belanja daerah.

Kenaikan drastis belanja daerah dan terutama PAD di Bolmong diyakini adalah modal awal tanda-tanda pemerintahan Yast- Yanny akan mampu membawa perubahan besar di Bolmong dalam bidang pengelolaan keuangan daerah.

“Kami melihatnya seperti itu. Tapi keberhasilan pemerintah itu jika semua pelayanan dan pembangunan berjalan di semua lini. Kami akan terus melihat dan mengamatinya,” kata Ketua KPMIBM Cabang Makassar Febri Bambuena. (ahr/rab)

Sumber

Read More
https://kroniktotabuan.com/bolmong/727-honorer-k2-bolmong-akan-digaji-sesuai-ump 08 Sep
By: Administrator 0

727 Honorer K2 Bolmong Akan Digaji Sesuai UMP

BOLMONG– Pemkab Bolmong akan mengangkat 727 orang tenaga honorer daerah kategori dua (K2) menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada tahun 2018 mendatang. Mereka juga akan digaji dengan standar Upah Minimum Provinsi (UMP) Rp2,6 juta

“Ini akan berlaku mulai tahun 2018 mendatang,” kata Sekda Bolmong Tahlis Galang, Selasa (5/9) di kantornya.
Tahlis menjelaskan, yang menjadi prioritas diangkat sebagai P3K adalah honorer K2 dan namanya ada pada data base.

” Yang belum masuk data base tentu belum diangkat,” ungkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Hamri Binol melalui Kabid Pendidikan dan Pengembangan Karir Yanny Aldy Pudul mengatakan, saat ini jumlah honorer K2 di  Bolmong 727 orang. Terdiri dari 620 tenaga administrasi dan 107 tenaga guru.

“Pengangkatan honda kategori dua menjadi P3K telah disampaikan Pak Sekda saat memimpin apel pagi,” jelas Aldy.(ahr/rab)

Sumber

Read More
Pembangunan Bandara Dipercepat Tahun Depan 08 Sep
By: Administrator 0

Pembangunan Bandara Dipercepat Tahun Depan

BOLMONG – Pembangunan Bandara di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dipastikan dipercepat tahun mendatang. dikarenaka sudah tidak ada hambatan dalam pembangunan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Jultje Tumanduk. Mengatakan bahwa keberadaan perusahaan PT Conch di Desa Solog tidak menjadi hambatan. “Berdasarkan informasi bahwa, nantinya ketika bandara rampung akan terganggu dengan debu dari PT Conch. Tapi ketika pembuatan amdal oleh pihak perusahaan cina itu, mereka mempunyai alat canggih, jadi debu dari ketika ada pesawat Take Off maupun Landing tidak terganggu,” ujar Tumanduk, Rabu (6/9/2017).

Dijelaskannya, untuk pembangunan tidak ada hambatan lagi, sebab untuk adminitrasi sudah rampung.

“Jadi pembangunan tidak akan terhambat, tetap dipastikan 2018. Ini juga seperti dikatakan Ibu Bupati, bahwa bandara tetap dibangun,” katanya.

Ditambahkan, saat ini sudah dibangun jalan akses menuju bandara melalui dana APBD. Dan pembangunan ini akan terus digenjot.

“Terus kami upayakan percepatan pembangunan bandara ini, sementara untuk perataan dan penimbunan tahun 2018 mendatang menggunakan dana DAK senilai Rp 58 Miliar,” jelasnya.

Sumber

Read More
Wabup Bolmong Kunjungi DKP Provinsi Untuk Genjot Sektor Perikanan 08 Sep
By: Administrator 0

Wabup Bolmong Kunjungi DKP Provinsi Untuk Genjot Sektor Perikanan

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab),  Bolaang Mongondow (Bolmong) terus meningkatkan perekonomian, khususnya di bidang perikanan. Hal ini terlihat ketika, Wakil Bupati, Yanni Ronny Tuuk mengunjungi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (6/9/2017).

Kunjungan tersebut, bertujuan untuk melakukan koordinasi, dan konsultasi, dengan DKP Provinsi Sulut, terkait dengan hasil penyaluran paket bantuan, pengembangan perikanan tangkap skala kecil di Kabupaten Bolmong.

“Tujuan kunjungan saya ini terkait bantuan pemerintah provinsi sulut disektor perikanan.Namun masih dalam skala kecil “kata Wabup Yanni.

Bantuan perikanan skala kecil ini, sudah tersalur merata, tidak menutup kemungkinan Pemkab Bolmong akan menerima bantuan dalam skala yang lebih besar.

Selain bantuan tersebut, pada tahun 2017 ini, Pemkab Bolmong juga sudah menyalurkan bantuan motor tempel, dan mesin katinting, untuk warga yang berprofesi nelayan.

” Motor tempel dan mesin katinting untuk nelayan baru satu bulan ini disalurkan “ujarnya.

Wabup Yanni berharap, bantuan ini dapat dikelola secara maksimal.

“Bantuan-bantuan yang lain bisa kembali dirasakan, yang tentunya guna meningkatkan kesejahteraan warga Bolmong. Bantuan tersebut jangan diperjualbelikan, tapi dimanfaatkan dengan baik ” tutupnya.

Diketahui, dalam kunjungan tersebut, Wabup Yanni diterima langsung oleh Sekretaris DKP Sulut Dr. Ir. Haidi Malingkas.

Sumber

Read More