Beranda blog

BKPP Bolmong Pendaftaran CPNS Berakhir Pukul, 23.59 Wita 15 Oktober 2018

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Pendaftaran CPNS formasi Tahunnya 2018 akan segera berakhir besok Senin, 15/10/2018. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Suipto Tubuon Minggu, (15/10/2018).

Menurut Ip sesuai aturan pelaksanaan registrasi dan pendaftaran CPNS akan segera berakhir hari senin 15 oktober sampai pukul 23,59 Wita.dimana setelah batas waktu sesuai ketentuan ini maka sudah tidak bisa melakukan pendaftaran ungkapnya. Lanjutnya saat ini pihaknya sementara melakukan proses verifikasi berkas yang masuk ke BKPP melalui kantor pos.

Sementara Kepala BKPP Bolmong Umarudin Amba mengatakan dengan akan berakhirnya proses pendaftaran ini dirinya meminta kepada calon peserta cpns yang sudah mendaftar untuk terus berusaha belajar dan berdo’ a agar dapat memperoleh hasil maksimal, dimana selanjutnya BKPP akan melakukan verifikasi berkas yang masuk. Dan akan melakukan pengumuman kelulusan berkas sesuai tahapan seleksi CPNS,tutup Kaban Umarudin Amba. (kominfo)

Pemkab Bolmong Segera Distribusikan Bantuan Seragam Ke 8.230 Siswa, Siswi SD, SMP

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Sebanyak 8.230 siswa/wi SD dan SMP se Kabupaten Bolaang Mongondow dalam waktu dekat akan menerima bantuan seragam dan perlengkapan sekolah dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Bantuan tersebut rencananya akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow, Senin 15/10, esok.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Renti Mokoginta, tahun ini Pemkab Bolmong menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 Miliar dari APBD untuk pengadaan seragam dan perlengkapan sekolah siswa SD dan SMP “Bantuan itu tidak dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk barang berupa seragam dan perlengkapan sekolah,”Jelasnya. Minggu (14/10).

Nantinya, menurut Mokoginta para siswa/wi akan menerima seragam dan perlengkapan sekolah dari Kepala hingga kaki “Bantuan itu sudah komplit, dari Topi, kemeja, celana, dasi, sepatu, kaus kaki, tas, buku tulis dan alat tulis,”Terangnya, sembari menambahkan bantuan akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati “Bupati yang akan menyerahkan bantuan itu kepada perwakilan. Nantinya dari 12 Kecamatan akan diwakili 10 siswa dari SD dan SMP,”Pungkasnya. (kominfo)

Pemkab Bolmong Kembali Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Tahap Dua Ke Donggala, Sigi, Palu Sulteng

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sabtu, (13/10/2018) kembali mengirimkan bantuan Tahap kedua untuk bantuan kemanusian Terdampak Bencana Donggala,sigi Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurut Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga bantuan kemanusiaan tahap dua meliputi Pakaian 225 pasang, mie instan 190 karton, Air mineral 207 karton, beras 805 Kg, susu 9 dos, popok 7 dos, biskuit 6 dos, deterjen 13, perlengkapan Mandi, pembalut pakaian wanita, perlengkapan bayi 3 dose, pop mie 13 karton, lotion nyamuk 1 dos, sabun mandi 1 karung, ikan 200 kaleng, obat-obatan 1 dos., sabun cuci sabun mandi, pasta gigi 1 dos dan bantuan lainnya untuk membantu korban terdampak bencana.

Lanjut Haris Dilapanga untuk mendistribusikan bantuan tambahan pihak pemerintah daerah menyiapkan 4 Dam Truk. Selanjutnya tim akan berkoordinasi dengan Tim penanggulangan bencana Sulawesi Tengah. setiap bantuan yang di distribusikan dituangkan dalam berita acara sebagai bentuk pertanggungjawaban.haris mengatakan untuk bantuan tahap dua ini akan langsung dikoordinir oleh Rukun Pogogutat Bolaang Mongondow yang ada di Sulawesi tengah. Selanjutnya Tim Sabtu malam ini akan bergerak ke Palu, sigi, donggala.haris berharap bantuan Pemerintah daerah, dan masyarakat Bolaang Mongondow dapat mengurangi beban korban dampak bencana Gempa dan Tsunami di Sulteng. (kominfo)

Tes CPNS Dilaksanakan Transparan dan Terbuka,Warga di Minta Waspada Aksi Penipuan

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Penerimaan atau rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2018 di Bolmong dilakukan secara transparan. Karena itu, jika ada calo yang menawarkan kelulusan jangan percaya.

Hal ini ditegaskan, kepala BKPP Umarudin Amba, Jumat(12/10). Kepala BKPP mengatakan, untuk seleksi CPNS tahun 2018 dilakukan secara berintegritas tanpa biaya, dan tanpa calo. Karena seleksi CPNS tersebut dilaksanakan dengan prinsip transparan.

“Sistemnya adalah Computer Assisted Tes (CAT). Hasilnya diketahui pada waktu itu juga. Tidak ada yang bisa membantu, murni hasil dari yang bersangkutan. Kalau ada yang mengaku bisa meloloskan, itu adalah penipuan,” ungkap Umarudin.

Menurutnya, apabila ada yang mengatasnamakan pejabat Bolmong dan mengaku bisa meluluskan pelamar, maka wajib dilaporkan.

“Jika ada ditemukan oknum yang mengaku dan mengatasnamakan sebagai pejabat Bolmong atau oknum orang tertentu yang dapat meluluskan pelamar menjadi PNS segera dilapor kepada pihaknya atau pihak yang berwajib untuk diproses sesuai aturan. Karena sistem penerimaan kali ini sangat transparan, jujur, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” bebernya.

Terpisah, Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengatakan, meski sedang dalam cuti kerja. Namun, sebelumnya sudah menegaskan kepada para instansi terkait untuk tetap selektif dan memastikan hal tersebut tidak akan terjadi.

“Para pelamar harus mempersiapkan diri secara maksimal, baik dari segi persyaratan, kesiapan materi, mental dan kesehatan fisik, agar bisa maksimal dan melewati proses yang benar bukan pake perantara. Karena, tidak ada perantara dan titipan nama dalam perekrutan CPNS,”ungkapnya.

Untuk meminta peserta CPNS agar tidak tergiur rayuan oknum yang memanfaatkan momen yang ada. Seperti para calo yang memberikan harapan untuk meluluskan peserta menjadi PNS. Penerimaan CPNS ini murni menggunakan sistem online CAT.

“Jadi siapapun yang memastikan bisa meluluskan peserta, itu bohong. Hanya kemampuan sendiri yang bisa menolong, dan apabila ada ditemukan oknum calo segera dilaporkan. Pasti akan diberikan sanksi dan diproses hukum,” tuturnya. (kominfo)

Dinas Capil Bolmong Laksanakan Inventarisasi Kartu Identitas Anak (KIA)

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mngondow menyediakan 25 ribu blangko Kartu Identitas Anak (KIA) untuk mempercepat percetakan.

Menurut Kepala Disdukcapil Bolmong Iswan Gonibala, pihaknya telah menyiapkan 25 ribu blangko KIA untuk percepatan percetakan. Sebelumnya pada 27 September lalu pihaknya juga telah menurunkan tim di sekolah-sekolah, untuk melakukan perekaman bagi anak-anak yang berusia di atas lima tahun untuk dibuat KIA. Sebab, ke depan KIA akan menjadi salah satu syarat untuk masuk sekolah, baik TK sampai SMA/SMK.
” Tim kami juga sudah turun di sekolah yang berada di Kecamatan Lolak. Baik dari sekolah TK sampai SMA. Nah, Sekarang kami sedang melakukan percepatan percetakan. Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong agar bekerja sama dengan kami agar KIA menjadi satu syarat masuk sekolah. Dan mereka pun setuju,” ungkapnya. Kamis (11/10).

Dia menjelaskan, KIA digunakan bagi anak-anak yang berusia 0-16 tahun. Karena kalau sudah 17 tahun maka akan beralih ke KTP. Pada saat KIA di launching lalu sudah ada 180 KIA yang dicetak, tapi untuk saat ini dirinya pun belum mengetahui sudah berapa banyak yang dicetak.
“Untuk penambahannya saya belum tahu angkanya, tapi yang saya tahu tim kami sudah turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman,” katanya.

Dia mengaku, pihaknya akan bekerja tanpa jeda untuk turun ke sekolah-sekolah yang tersebar di 200 desa dan dua Kelurahan di Bolmong. Dia menyarankan, bagi seluruh orangtua yang memiliki anak dan merasa anaknya belum membuat KIA harap segera datang ke kantor atau ke sekolah.
“Saya mengimbau bagi orangtua agar proaktif. Kalau pun anaknya belum ada KIA segera datang ke kantor atau sekolah. Karena di sekolah juga ada tim kami,” Tutupnya. (kominfo)

Pemda Bolmong Terima Aspirasi Aksi Petani dan Akan melakukan Pengkajian

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Ratusan petani kelapa sawit dan warga di areal PT. Anugerah Sulawesi Indah melakukan aksi di Kantor Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (11/10).

Para petani dan warga ini memprotes terhadap sikap PT Anugerah Sulawesi Indah untuk menanam sawit di lahan produktif.

Koordinator aksi Indra Patriana songkar meminta kepada Pemkab Bolmong agar menghentikan aktifitas perusahaan tersebut.
“Saya selaku pendamping para petani kepala sawit tidak menolak penanaman kepala sawit, hanya kami menolak perusahaan menanam di lahan produktif,” tegasnya.

Dia mengungkapkan saat ini ada 650 hektar lahan yang dikelolah oleh perusahaan tanpa melibatkan masyarakat. Selain itu ada beberapa desa yang menjadi lahan penanaman kepala sawit oleh perusahaan yakni Desa Lolak 2, Desa Tumbolango, dan Desa Maelang.
“Kami minta perusahaan untuk memberdayakan petani, karena sudah berpuluh tahun masyarakat yang mengelolah lahan-lahan tersebut,” Ucap Indra.

Aksi yang mendapat pengawalan ketat aparat dari Polres Bolmong tersebut diterima Plh. Sekda Bolmong Buang Derek Panambunan, serta Pansus DPRD.

Menurut Derek, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmong masih akan melihat regulasi aturan yang berlaku dan melakukan kajian lebih lanjut terkait permintaan petani dan masyarakat hari ini.
“Terkait permintaan masyarakat, Pemda Bolmong akan memanggil pihak PT Anugerah Sulawesi Indah dan menanyakan kesanggupan terkait permintaan masyarakat dan hasilnya nanti akan perhadapknan pada masyarakat. Tentunya kami masih akan mengkaji permintaan masyarakat yang dapat di akomodir atau tidak. Jangan sampai permintaan ini bertentangan dengan aturan,” Jelasnya. (kominfo)

Dinas PPKB Lakukan Penyuluhan PIK-R

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bolaang Mongondow melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi dan pelatihan Pengurus Kelompok Informasi Konseling Remaja (PIK-R), di Lapangan Daagon, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong. Rabu (3/10) Kemarin

Kepala Dinas DPPKB Bolmong Ketut Kolak mengatakan, ada 300 siswa dari tujuh SMA sederajat yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mengikuti Program Generasi Terencana (GENRE) mewujudkan generasi sehat dan cerdas tanpa Narkoba.
“Ini untuk meningkatkan ketahanan keluarga menuju keluarga yang berkualitas dan hebat. Makanya DPPKB melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja tanpa Narkoba,” katanya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini agar peserta mengerti, memahami dan berperan dalam pembangunan sebagai generasi muda.
“Semuanya dalam mewujudkan generasi sehat dan cerdas menuju Bolmong hebat,” jelasnya. (kominfo)

Bupati Bolmong Canangkan 13 Kampung KB

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Dra.Hj.Yasti Soepredjo Mokoagow mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Solimandungan II, Kecamatan Bolaang, yang nantinya menjadi pusat percontohan dalam menjalankan program keluarga yang sejahtera dan berkualitas. Jumat (12/10)

Pembentukan Kampung KB di 13 Desa 12 Kecamatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden, serta sebagai langkah nyata dari nawa cita ke-13, agar manfaat Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam Kesempatan itu, Bupati mengatakan, Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif di tingkat desa dan kelurahan, yang dalam penerapannya memudahkan program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi sosial-budaya dan berbagai program penting lainnya.

“Kampung KB ini harus memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan sempurnanya. Sekaligus sebagai wadah untuk memberikan akses pelayanan informasi pendidikan,”Ucapnya

Program KB harus dianggap secara serius agar tidak menjadi ledakan penduduk di masa yang akan datang, karena hal ini merupakan tanggung jawab kita semua, baik pemerintah, pihak suasta maupun masyarakat.

“Nah, Desa ini kan sudah dicanangkan sebagai kampung KB, maka harus dibuktikan seluruh pasang usia subur yang berada di desa Solimandungan II harus menjadi peserta KB aktif. Karena jumlah penduduk yang besar harus berkualitas,”Ungkapnya

Bupati juga mengingatkan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bolmong, untuk terus mensosialisasikan program “Dua Anak Cukup” dan menghindari “4T” karena selogan ini merupakan potret keluarga ideal.

“Program dua anak cukup bisa membentuk keluarga sejahtera, menjadi kehidupan keluarga saling tolerant dan menghormati serta saling berbagi kasih saying. Jangan lupa juga menghindari 4T atau terlalu mudah menikah, terlalu banyak anak, terlalu dekat jaraknya, dan terlalu tua menikah,” Imbaunya

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara diwakili oleh Kepala Bidang Advokasi dan Informasi Jacky Sambuaga, SE. Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Sangadi BPD, BKMT, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh pemuda, dan warga masyarakat. (kominfo)

Bupati Buka Workshop UP2K PKK Se Kab. Bolaang Mongondow, Walikota Kotamobagu Hadiri dan Suport Kegiatan.

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Bupati bolaang mongondow dra. Hj. Yasti soepredjo mokoagow rabu (10/10/2018) membuka pelaksanaan kegiatan workshop usaha peningkatan pendapatan keluarga (up2k) pkk bagi kader-kader pkk se-kabupaten bolaang mongondow yang dilaksanakan di d’lolak restaurant, desa lolak. Bupati dalam sambutannya menyampaikan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau pkk adalah gerakan yang diprakarsai oleh ibu-ibu yang tergabung dalam tim penggerak pkk, dan mempunyai peranan penting dalam memberdayakan ekonomi keluarga.

Tujuan utama gerakan pkk adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan serta kemajuan dalam keluarga.
Untuk dapat mencapai tujuan utama dari gerakan pkk tersebut, yaitu dengan melaksanakan sepuluh program pokok pkk, dimana salah satu diantara 10 program pokok tersebut yaitu program pengembangan kehidupan berkoperasi, berupa penumbuhan kesadaran keluarga dalam peningkatan taraf hidup keluarga, melalui kehidupan berkoperasi dan pengembangan ekonomi lainnya.

Untuk menindaklanjuti program pengembangan kehidupan berkoperasi, maka tim penggerak pkk kabupaten bolaang mongondow melaksanakan workshop usaha peningkatan pendapatan keluarga atau up2k, sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan presiden nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Lanjut bupati, program up2k adalah salah satu program pemerintah dalam bidang pemberdayaan perempuan, yang berupaya mengangkat status dan peran perempuan dari ketidakmandirian secara ekonomi, dengan memberikan kemampuan atau kekuatan bagi kaum perempuan untuk lebih mandiri, dengan menumbuhkembangkan berbagai potensi yang ada pada individu masing-masing.

Tujuan utama dari workshop up2k ini adalah membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga baik itu dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta yang memungkinkan timbulnya kegiatan yang bersifat koperatif.

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, ada beberapa pesan dan harapan yang ingin saya sampaikan, yaitu :pertama :
Pembinaan kelompok up2k perlu dilakukan secara rutin, sehingga saya berharap kepada jajaran pengurus tim penggerak pkk kabupaten dan kecamatan, untuk senantiasa memberikan pendampingan kepada kader-kader yang ada di wilayah kabupaten bolaang mongondow, sehingga program ini tetap berjalan dan terlaksana sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Kedua, Hal yang paling penting dari setiap pelaksanaan workshop adalah menerapkan apa yang sudah diperoleh selama kegiatan berlangsung. Untuk itu saya berharap segala pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh dapat dilaksanakan, sehingga memberikan bermanfaat yang besar bagi setiap individu maupun kelompok.

Ketiga, Saya berharap dengan pelaksanaan workshop ini dapat memotivasi kembali ibu-ibu kader pkk, yang belum mendapatkan pekerjaan tetap untuk mau berwirausaha, dan yang sudah berwirausaha supaya dapat mengajak keluarga lainnya untuk bersama-sama dalam kelompok pelaksana up2k-pkk.

Keempat, kepada seluruh peserta workshop saya berharap untuk lebih berperan aktif dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga kedepannya dapat meningkatkan produktivitas, kualitas, kuantitas serta cara pemasaran produk-produk up2k, dalam rangka peningkatan perekonomian dan pendapatan keluarga melalui kelompok-kelompok up2k pkk.

Selesai pembukaan workshop tersebut bupati juga menyerahkan trophy juara ke-3 lomba penyuluhan up2k tingkat provinsi sulut dalam rangka hut provinsi sulut ke-54 tahun 2018 dimana tim penggerak pkk kabupaten bolaang mongondow meraih juara ke-3 dari 15 kabupaten/kota se-provinsi sulut. Acara tersebut juga turut dihadiri walikota kotamobagu ir. Hj. Tatong bara. (kominfo)

Bupati Bolmong Terima Kunker KPK RI

0

BOLMONGKAB.GO.ID – Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow bersama jajajaran pejabat pemkab Bolmong, Selasa (9/10) kemarin, menerima kunjungan tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, bertempat di ruang rapat lantai III Kantor Bupati.

Dalam pertemuan tersebut, KPK memperkenalkan Aplikasi Monitoring Centre for Prevention (MCP), dalam rangka menunjang pelaksanaan Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi yang menjadi program KPK.

Koordinator Unit, Koordinasi dan supervisi bidang pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah Sulut, Muhammad Indra Furqon mengatakan, kedatangan tim KPK ke Kabupaten Bolmong, dalam rangka tugas pendampingan pencegahan korupsi dalam tata kelola pemerintahan yang dilakukan di seluruh kabupaten Kota se-Indonesia, termasuk di Kabupaten Kota se-Sulawesi Utara.

“Nantinya kita akan bersama-sama melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan di daerah. KPK melalui Korsubgah memperkenalkan Aplikasi Monitoring Centre for Prevention (MCP). Setiap pemerintah daerah diwajibkan menggunakan aplikasi ini,” terang Furqon, ketika dikonfirmasi usai kegiatan.

Bupati menyerahkan dugaan gratifikasi dua oknum investor di Bolmong kepada KPK.

Furqon menjelaskan, dalam kajian KPK, ada tiga hal yang selalu menjadi masalah dalam sistem tata kelola yaitu perencanaan penganggaran, Unit Lelang Pelayanan (ULP) dan perizinan.

“Dari dulu pencegahan dan penindakan berkisar di tiga ini. Perizinannya, penganggarannya, pengadaan barang, kalau ada suap pasti larinya di tiga ini,” terang dia.

Furqon menegakan, tidak boleh ada lagi proyek-proyek yang hadir di tengah-tengah tahun anggaran, jika ada diperencanaan, harus diselesaikan sampai akhir.

“Ada juga proyek-proyek yang adanya diterakhir tapi diperencanaannya tidak ada atau ditengah-tengah, itu tidak boleh. Karena begitu ada sistem aplikasi online di perencanaan yang terintegrasi lalu diinput, dari awal akan kelihatan. Kalau ada yang coba-coba intervensi akan kelihatan, semuanya terekam dan itu terpantau dan dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.
Sementara itu, Bupati Bolmong mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Tim KPK ke Pemkab Bolmong, dalam rangka tugas pendampingan pencegahan korupsi terintegrasi.

“Tentu ini adalah sebuah kehormatan bagi pemerintah kabupaten Bolmong karena dikunjungi langung oleh Koordinator dan supervisi bidang pencegahan (Korsupgah) KPK RI, apalagi ini sudah menjadi Komitmen kami (Y2) sejak terpilih,” terang Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga melaporkan dugaan pemberian hadiah dari dua oknum Investor Bolmong. Bupati berharap, hal ini akan menjadi pembelajaran bagi investor-investor yang akan masuk ke Bolmong, bahwa dirinya dengan tegas menolak berbagai bentuk pemberian hadiah atau gratifikasi.

Usai rapat bersama Bupati dan Kepala OPD, KPK kemudian mengunjungi Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) serta Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) yang didampingi oleh Bupati dan jajaran pejabat Pemkab Bolmong. (*)

BERITA TERKINI